12 Nov 2012

Puasa

Sayag  berkata:
 quran

2:183 “hai orang2 yang beriman , di wajibkan atas kamu berpuasa sebagaiman di wajibkan atas orang2 sebelum kamu agar kamu bertakwa”
Bagimana orang2 sebeluma Muhammad berpuasa ? 


Farabi berkata:
Sama seperti umat muhammad hanya saja untuk yahudi setahun sekali dan kalau tidak puasa harus dihukum mati, ibadah puasa ini namanya yom kippur. Kalo katolik puasanya hanya pantang makan garam saja atau pantang makan enak, biasanya dimulai rabu sampe jumat entah jumat sampe minggu tiap minggu. Syx mungkin lebih tahu.

Sayang berkata:
dan di bulan ramadhan di larang menjual segala makanan2 dan minunan , karena di bulan itu di larang kaum lalaki dan wanita makan dan minuman sejak matahari terbit sehingga matahari terbenam , di kecuwalikan kaum wanita datang bulan , itu pun di boleh makan atau minum dengan secara sembunyi aja

Syx berkata:
pelarangan jual makanan minuman di bulan puasa itu emang ada ayatnya? kalo saya diberitahu rekan moslem saya itu cuma ulah manusianya. kata beliau mustinya puasa tidak boleh mengganggu hak orang lain. kalo puasa terus banyak godaan justru bisa lebih teruji dan afdol. kalo kita ga kuat nahan godaan ya kita yang menyingkir. saya cuma mengutip saja.

pernyataan beliau ini sejalan dengan puasa dalam kristen. Yesus lebih memilih berpuasa di padang gurun. di situ Beliau bisa lebih tenang berdoa dan berpuasa. 
Yesus memberikan pesan buat yang berpuasa:

Matius 6:16-18
Dan apabila kamu berpuasa, janganlah muram mukamu seperti orang munafik. Mereka mengubah air mukanya, supaya orang melihat bahwa mereka sedang berpuasa. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya. Tetapi apabila engkau berpuasa, minyakilah kepalamu dan cucilah mukamu, supaya jangan dilihat oleh orang bahwa engkau sedang berpuasa, melainkan hanya oleh Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu."

Sayang berkata:
apakah umat keristan berpuasa tidak makan dan minum di siang hari ?
bulan apakah di wajibkan berpuasa ?

Syx berkata:
inti utamanya adalah doa. makanya lebih sering disebut sebagai doa puasa. dalam puasa keinginan tubuh dan jiwa ditekan sehingga roh dominan dan lebih peka (itu sebabnya kenapa dukun sering puasa, biar lebih mudah masuk alam roh). untuk tubuh yang paling sering adalah pantang makan dan minum. itu pun kadang tidak penuh. misalnya puasa tiga hari berturut-turut (3 x 24 jam), kita masih mungkin minum air putih secukupnya tetapi tanpa makan. puasa 40 hari 40 malam, masih mungkin minum cairan buah tertentu dalam jumlah terbatas tetapi tanpa makan.
untuk jiwa kita membatasi hobi ato keinginan kita. misalnya yang doyan main game atau main internet ya harus membatasi diri tidak main saat puasa.

tidak ada kewajiban bulan apa harus puasa, tergantung kesadaran dan keinginan kita. tapi ada juga yang menyarankan pada waktu-waktu tertentu, misalnya menjelang paskah. yang pasti puasa bikin kita doa lebih enak dan nyaman

Sayang berkata:
puasanya itu wajibkah atau sunat/lebih baik berpuasa aja ?
bagimana kalau sesaorang itu tidak pernah berpuasa seomur hidupnya ?

Syx berkata:
itu masalah hubungan pribadi seseorang dengan TUHAN... saya tidak berani jawab. orang yang sungguh-sungguh mencintai TUHANnya pasti akan dengan rela hati melakukan doa puasa, dengan sendirinya dan tanpa paksaan. karena dengan berdoa puasa orang itu akan merasakan nikmat dekat dengan TUHANnya.

Faradi berkata:
Adalagi orang yahudi berpuasa katanya pantang makan dan minum dan seks selama sehari penuh. Kalo katolik katanya dari hari rabu sampai jumat tiap minggu, tapi ada yang cuma pantang garam saja, jadi tiap hari makan tanpa garam. 
Sedangkan puasa menurut taurat yang wajib yang bisa saya temukan hanyalah pada bulan ke 7 hari kesepuluh dimana pada bulan puasa wajib libur

Imamat:16:29-31
"Peraturan-peraturan ini harus ditaati untuk selama-lamanya. Pada tanggal sepuluh bulan tujuh, orang Israel dan orang asing yang menetap di antara mereka harus berpuasa dan dilarang bekerja, karena hari ini hari yang sangat suci. Pada hari itu harus dilakukan upacara untuk menyucikan bangsa Israel dari segala dosa mereka supaya mereka bersih." 

Kalau puasa kristen konon tata caranya diatur menurut gereja, jadi tidak ada dalil khusus untuk puasa kristen.

Sayang berkata:
Lukas 
5:33 Orang-orang Farisi itu berkata pula kepada Yesus: "Murid-murid Yohanes sering berpuasa dan sembahyang, demikian juga murid-murid orang Farisi, tetapi murid-murid-Mu makan dan minum." 
5:34 Jawab Yesus kepada mereka: "Dapatkah sahabat mempelai laki-laki disuruh berpuasa, sedang mempelai itu bersama mereka? 
5:35 Tetapi akan datang waktunya, apabila mempelai itu diambil dari mereka, pada waktu itulah mereka akan berpuasa."
******
Faried berkata :
Cara puasa Maryam diabaikan oleh orang-orang yang kukuh menyatakan dirinya mengacu kepada Alquran. Tegas dijelaskan dalam Alquran bahwa puasa yang ditetapkan (kutiba) atas orang beriman adalah sebagaimana/seperti/serupa (kama)  dengan yang ditetapkan (kutiba) atas orang-orang sebelumnya (Q. 2.183).

Puasa yang dijalankan oleh umat beragama Islam katanya ditiru/dijiplak dari kaum Sabeans.

Kenny berkata :
W. St. Clair-Tisdall (W.St. Clair Tisdal, The Sources of Islam, The Orgins of the Koran, pp.236-237) menulis bahawa kaum Sabeans mendiami Syria. Mereka adalah para pengikut Idris. Kaum Sabean berpuasa selama 30 hari dari mlam sehingga terbit matahari, Melakukan Eid dan solat jenazah tanpa bersujud.

Muhammad mudah sahaja meniru sistem puasa (yang di tukar hanyalah berpuasa dari fajar ke senja) dan mengekalkan hari raya (EID) dan solat jenazah cara-cara yang serupa dengan kaum Sabean.

Aturan berpuasa seperti di 2;183-187 adalah sebenarnya di tiru dari kitab suci kaum Sabeans. 

Dan Quran mengesahkan bahawa system berpuasa di ciplak daripada kepercayaan kaum lain, tetapi masih malu untuk menyatakan kitab suci manakah ia di tiru. Daalam ayat 2;183 mengatakan bahawa system Islamic mengenai puasa adalah seperti orang kepercayaan dahulu (Sabean)

Faried berkata : 
Dalam Alquran ada satu dan hanya satu cara puasa orang dahulu yang dijelaskan. Cara puasa orang dahulu tersebut adalah cara puasa Maryam, dan bukan kaum Sabeans. Biarkan saja dia berpendapat bahwa puasa orang dahulu adalah puasanya kaum Sabeans, dia kan tidak percaya dan tidak peduli dengan Alquran.

Cara puasa Mayam dijelaskan dalam Q. 19.26.

Fakulee waishrabee waqarree AAaynan faimma tarayinna mina albashari ahadan faqoolee innee nathartu lilrrahmani sawman falan okallima alyawma insiyyan

"Maka makanlah dan minumlah dan bersenang hatilah kamu, maka jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah: ""Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan  Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang Manusia pun pada hari ini""."

Dalam berpuasa, Maryam diperintahkan untuk makan (kurma, Q. 19.25) dan minum (air sungai, Q. 19.24). Sangat berbeda dengan cara berpuasa umat beragama Islam dan kaum Sabeans.

Nora berakta : 
Jika nazar Mariam adalah tidak bercakap kepada manusia, tapi mengapakah di suruh katakan  sesuatu? Bukankah itu telah melanggar nazar.

Faried berakta :
Point yang penting sis Nora.

Nazar Maryam bukan tidak bercakap, tetapi nazar Maryam adalah berpuasa.

Tidak bercakap itu dilakukan ketika makan dan minum ketetapan.

Memberitahu orang bahwa dia (Maryam) sedang berpuasa perlu dilakukan, tetapi ketika orang mempersoalkan ketetapan (kitab), yaitu tentang zina (Q. 19.28), maka Maryam tidak berbicara dan menunjuk kepada putranya. Isa putra Maryam adalah berfungsi sebagai Alquran yang merupakan sumber ketetapan. Isa putra Maryam ketika itu adalah berfungsi sebagai sumber ketetapan. Karena itu, ketika orang menanyakan tentang zina, maka Maryam menyerahkan persoalan tersebut kepada Isa putra Maryam sebagai sumber ketetapan.

Jika shiyam diartikan menahan, maka salah satu yang perlu ditahan ketika sedang menjalankan puasa adalah tidak membicarakan ketetapan yang sedang dicari pada waktu sedang makan dan minum Alquran. Dalam berpuasa, Alquran dimakan dan diminum secara mandiri.

Sayang berakata :
baginama pendapat nora tentang puasa maryam ?

Kembalikan kehalaman Utama

0 ulasan: