20 Mei 2012

Perbezaan Agama Hindu dengan Agama Islam

Weda kitab wahyu Tuhan Brahman dalam Agama Hindu
Bahgavad gita kita suci Hindu
Tipitaka kitab suci Budda
Al-kitab kitab suci Kristian
Al-Quran kitab suci Islam
 
Hadist kitab orang Islam juga
Asas Agama Hindu dan Asas Agama Islam

Warna Kuning tua agama Hindu
 warna Putih suci agama Islam

  warna Kuining muda agama Budda , warna Mirah ayat-ayat dalam kitab Talmud, warna Biru muda ayat-ayat dalam al kitab atau Bebel  , warna Hijau ayat-ayat dalam Al-Quran.

Sebelum bicarakan tentang Agama Hindu dan Agama Islam , lebih baik mengentahui dahulu tentang hukum-hukum dalam kitab Talmud , Hadist , Al-kitab dan Al-Quran .



Orang Yahudi Boleh Merampok atau Membunuh Orang Non-Yahudi
Sanhedrin 57a, “Jika seorang Yahudi membunuh seorang Cuthea (kafir), tidak ada hukuman mati, Apa yang sudah dicuri oleh seorang Yahudi boleh dimilikinya”.
Baba Kamma 37b, “Kaum kafir ada di luar perlindungan hukum, dan Tuhan membukakan uang mereka kepada Bani Israel”.
Orang Yahudi Boleh Berdusta kepada Orang Non-Yahudi
Baba Kamma 113a, “Orang Yahudi diperbolehkan berdusta untuk menipu orang kafir”.
Yang Bukan-Yahudi adalah Hewan di bawah Derajat Manusia
Yebamoth 98a, “Semua anak keturunan orang kafir tergolong sama dengan binatang”.
Abodah Zarah 36b, “Anak-perempuan orang kafir sama dengan ‘niddah’ (najis) sejak lahir”.
Abodah Zarah 22a – 22b, “Orang kafir lebih senang berhubungan seks dengan lembu”.
******
Hukum dalam Hadist kitab umat Islam, (tapi bukan Quran, Quran kitab Nabi Muhammad) .
Hadits Shahih Bukhari No:24 dan Shahih Muslim No:5, Nabi Muhammad s.a.w, bersabda :
أُمِرْتُ أَنْ أَقَاتِلَ النَّاسَ حَتَّى يَشْهَدُوا أَنْ لاَإِلَةَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ ، وَيُقِيمُوا الصَّلاَةَ وَيُؤْتُو الزَّكَاةَ ، فَإِذَا فَعَلُوا ذَلِكَ عَصَمُوا مِنِّي دِمَاءَ هُمْ وَأَمْوَالُهُمْ إِلاَّ بِحَقِّ الإِسْلاَمِ ، وَحِسَابُهُمْ عَلَى اللهِ
“Aku diperintahkan untuk memerangi manusia sehingga mereka bersaksi bahwa tiada tuhan yang berhak disembah, kecuali Allah dan bahwa Muhammad adalah Rasulullah, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat. Apabila mereka melakukan itu, mereka telah melindungi darah dan harta mereka dariku, kecuali dengan hak Islam dan hisabnya atas Allah.”
Hadist ini di kutib di SINI

عُرَى الْإِسْلَامِ وَقَوَاعِدُ الدِّينِ ثَلَاثَةٌ عَلَيْهِنَّ أُسِّسَ الْإِسْلَامُ ، مَنْ تَرَكَ وَاحِدَةً مِنْهُنَّ فَهُوَ بِهَا كَافِرٌ حَلَالُ الدَّمِ : شَهَادَةُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ ، وَالصَّلَاةُ الْمَكْتُوبَةُ ، وَصَوْمُ رَمَضَانَ
Ikatan Islam itu dan sendi agama itu ada tiga , di atasnya di dirikan Islam dan siapa yang meninggalkannya salahsatu di antaranya , berarti ia kafir terhadapnya dan halal darahnya : mengakui bahwa tidak ada Tuhan  malainkan Allah , Solat pardu dan puasa Ramadan …
Hadis ini di kutib di SINI
Atau lihat fiqih sunnah jilid 3 muka surat 169 nombUr hadist 161

Perbedaan Syahadat menurut Hadist dengan Quran klik di SINI
*******
Konsep Keseimbangan Agama Hindu Tri Hita Karana
1. Hubungan Manusia dengan Tuhan
menjaga keharmonisan hubungan manusia dengan Sang Pencipta, misalnya dengan bersembahyang dan berdoa
2. Hubungan Manusia ke Manusia
menjaga keharmonisan hubungan manusia dengan sesamanya misalnya dengan bersosialisasi, karang taruna, berdana dsb
3. Hubungan Manusia ke Alam Semesta
menjaga keharmonisan hubungan manusia dengan alam di sekitarnya misalnya dengan penghijauan, perapihan tanaman

******
Moral dalam Buddha ada 5 :
  • Aku bertekad akan melatih diri menghindari pembunuhan makhluk hidup.
  • Aku bertekad akan melatih diri menghindari pencurian/mengambil barang yang tidak diberikan.
  • Aku bertekad akan melatih diri menghindari melakukan perbuatan asusila
  • Aku bertekad akan melatih diri menghidari melakukan perkataan dusta
  • Aku bertekad akan melatih diri menghindari makanan atau minuman yang dapat menyebabkan lemahnya kesadaran***
****
Hukum dalam Injil kitab suci umat kristian 
Matius :
22:36 "Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?"
22:37 Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
22:38 Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
22:39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
22:40 Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."***

******
Hukum dalam Al-quran kitab suci umat Islam. Quran adalah kitab Nabi Muhammad
{3:112} ضُرِبَتْ عَلَيْهِمُ الذِّلَّةُ أَيْنَ مَا ثُقِفُوا إِلَّا بِحَبْلٍ مِنَ اللَّهِ وَحَبْلٍ مِنَ النَّاسِ وَبَاءُوا بِغَضَبٍ مِنَ اللَّهِ وَضُرِبَتْ عَلَيْهِمُ الْمَسْكَنَةُ ذَلِكَ بِأَنَّهُمْ كَانُوا يَكْفُرُونَ بِآيَاتِ اللَّهِ وَيَقْتُلُونَ الْأَنْبِيَاءَ بِغَيْرِ حَقٍّ ذَلِكَ بِمَا عَصَوْا وَكَانُوا يَعْتَدُونَ
3:112 Mereka diliputi kehinaan di mana saja mereka berada, kecuali jika mereka berpegang kepada tali Allah (Quran) dan tali (perjanjian) dengan manusia, dan pantaslah mereka dapat kemurkaan dari Allah dan di kena atas mereka kerendahan. Yang demikian itu karena mereka kafir kepada ayat-ayat Allah dan membunuh para nabi tanpa alasan yang benar. Yang demikian itu disebabkan mereka durhaka dan melampaui batas.

{49:10} إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ
49:10 Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat.

{29:45} اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلَاةَ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ
29:45 Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Qur'an) dan dirikanlah salat. Sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya peringatan Allah (Quran) adalah lebih besar . Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

{77:50} فَبِأَيِّ حَدِيثٍ بَعْدَهُ يُؤْمِنُونَ
77:50 Maka kepada perkataan/Hadis apakah selain Al Qur'an ini mereka akan beriman?
Rasul bersedih dan berdoa :
{25:30} وَقَالَ الرَّسُولُ يَا رَبِّ إِنَّ قَوْمِي اتَّخَذُوا هَذَا الْقُرْآنَ مَهْجُورًا
25:30 Berkatalah Rasul: "Ya Tuhanku, sesungguhnya kaumku menjadikan Al Qur'an ini suatu yang tidak diacuhkan".
Rasul bersedih karena umatnya tidak perdulikan hukum dalam Quran, karena Quran adalah kitabnya, tapi umatnya memperdulikan kitab-kitab selepas Quran, seperti kitab Hadis Bukhari dllnya .

Kalau di perhatikan hukum-hukum agama di atas yang menggunakan kekerasan dan paksaan adalah :
  • Agama Yahudi yang berpgang dengan kitab Talmud, melebihi dari kitab Taurat kibat Nabi Mus , dan 
  • Agama Islam yang berpegang dengan Kitab-kitab Hadis Bukhari,Muslim dllnya, melebihi dari kitab Quran kitab Nabi Muhammad .
Kalau menurut Quran, kitab Nabi Muhammad tidak ada paksaan dan kekerasan dalam agama :
{2:256} لَا إِكْرَاهَ فِي الدِّينِ قَدْ تَبَيَّنَ الرُّشْدُ مِنَ الْغَيِّ فَمَنْ يَكْفُرْ بِالطَّاغُوتِ وَيُؤْمِنْ بِاللَّهِ فَقَدِ اسْتَمْسَكَ بِالْعُرْوَةِ الْوُثْقَى لَا انْفِصَامَ لَهَا وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ
2:256 Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu barang siapa yang ingkar kepada (hukum agama) Thaghut (Orang-orang pelampau) dan beriman kepada Allah (Quran), maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

{29:18} وَإِنْ تُكَذِّبُوا فَقَدْ كَذَّبَ أُمَمٌ مِنْ قَبْلِكُمْ وَمَا عَلَى الرَّسُولِ إِلَّا الْبَلَاغُ الْمُبِينُ
29:18 Dan jika kamu (orang kafir) mendustakan, maka umat yang sebelum kamu juga telah mendustakan. Dan kewajiban rasul itu, tidak lain hanyalah menyampaikan (agama Allah) dengan seterang-terangnya."


{10:99} وَلَوْ شَاءَ رَبُّكَ لَآمَنَ مَنْ فِي الْأَرْضِ كُلُّهُمْ جَمِيعًا أَفَأَنْتَ تُكْرِهُ النَّاسَ حَتَّى يَكُونُوا مُؤْمِنِينَ
10:99 Dan jika Tuhanmu menghendaki, tentulah beriman semua orang yang di muka bumi seluruhnya. Maka apakah kamu (hendak) memaksa manusia supaya mereka menjadi orang-orang yang beriman semuanya?

18:29} وَقُلِ الْحَقُّ مِنْ رَبِّكُمْ فَمَنْ شَاءَ فَلْيُؤْمِنْ وَمَنْ شَاءَ فَلْيَكْفُرْ إِنَّا أَعْتَدْنَا لِلظَّالِمِينَ نَارًا أَحَاطَ بِهِمْ سُرَادِقُهَا وَإِنْ يَسْتَغِيثُوا يُغَاثُوا بِمَاءٍ كَالْمُهْلِ يَشْوِي الْوُجُوهَ بِئْسَ الشَّرَابُ وَسَاءَتْ مُرْتَفَقًا
18:29 Dan katakanlah: "Kebenaran itu datangnya dari Tuhanmu; maka Barang siapa yang ingin (beriman/percaya) hendaklah ia beriman/percaya, dan barang siapa yang ingin (kafir/tak percaya) biarlah ia kafir/tak percaya". Sesungguhnya Kami telah sediakan bagi orang-orang zalim itu neraka, yang gejolaknya mengepung mereka. Dan jika mereka meminta minum, niscaya mereka akan diberi minum dengan air seperti besi yang mendidih yang menghanguskan muka. Itulah minuman yang paling buruk dan tempat istirahat yang paling jelek.
*****
Tonggak Tuo berkata :
Saya tidak terlalu peduli lagi apa agama orang, saya benci dengan orang yang suka merusak orang lain atas nama agama, apapun agamanya. Siapa saja diantara umat manusia yang menyeru kepada kebajikan adalah saudara kita, siapa saja diantara mereka yang menyuruh atau menghasut berbuat kerusakan mereka bukanlah saudara kita lagi, meskipun satu agama. 

Apa yang saya tolak keras dari kalangan ASWJ atau wahabi adalah sikap mereka yang suka menyerang orang lain sampai melukai, menyakiti dan bahkan membunuh orang lain yang mereka anggap sesat. Kasus pembunuhan Ahmadiah di Indonesia sebagai contohnya. Kenapa mereka tidak menyerahkan sepenuhnya kepada Allah siapa yang sesat dan benar? Mereka tidak sabar dan telah berubah menjadi Tuhan untuk memutuskan sesat atau benarnya orang lain. 



********
Kembali kehalaman Utama

7 ulasan:

Unknown mengatakan...

nampak bagus artikel ini...tapi kenapa banyak menceritakan yang tidak baik dalam islam? mana cerita yang tidak baik untuk agama hindu? boleh share?

Ufof Latif mengatakan...

Bukankah agama Islam ini adalah sebuah agama Damai , karena perkataan Islam itu artinya damai , senjahtera atau perkataan sejenisnya, sudah tentunya tidak ada yang tidak baik dalam agama Islam . ada pun agama Hindu , adalah agama kafir sudah tentunya ada banyak perkara yang tidak baik di sisi orang Islam .

Ufof Latif mengatakan...

Saya sunguh keliru sekali tentang sikab orang-orang Islam yang melarang orang yang menceritakan tentang keburukan orang Islam, hanya di suruh menceritakan tentang orang-orang Islam yang baik-baik saja .
Tapi di bolehkan bahkan digalakan orang-orang Islam menceritakan tentang keburukan agama lain , buktinya ustaz-ustaz dan guru-guru dan penceramah-penceramah Islam , selalu menceritakan tentang keburukan orang-orang kafir .
Kalau orang-orang Islam itu baik, tentunya tidak ada cerita-cerita yang buruk yang dapat di tuntung oleh orang-orang kafir …

Danial gifuto mengatakan...

Maaf tumpang lalu....perlu Anda ketahui.... Seorang individu muslim tidak bisa di jadikan contoh untuk menilai islam.... Tapi Islam la yg menilai muslim,,, ( renungkan )" apakah seorang individu seperti agama Anda semuanya baik,,,,,,

Ufof Latif mengatakan...

Bukanlah Sesaorang itu di nilai baik di tentukan oleh diri sendiri , tetapi di nilai oleh orang lain, adakah ia baik atau tidaknya.
Bagitu juga bukanlah satu-satu agama itu di nilai baik di tentukan oleh penganut agama itu sendiri , tetapi di nilai oleh orang lain, adakah Ia baik atau tidaknya .

Ufof Latif mengatakan...

Kita tidak boleh paksa orang kata , orang itu baik, kalau memangnya ia jahat.
Bagitu juga , kita tidak boleh paksa orang kata, orang itu jahat, kalau memangnya ia baik.
Baik dan Jahat itu di nilai oleh idividu masing-masing..

Unknown mengatakan...

ieeeeyaaaaa, mantabbbb........
ni namanya berebut benar, hargai hasil karya orang lain, kl da di tulis ya monggo di baca,kl gk paham tanya pd penulis, penulis itu ibarat orang telanjang, pembaca itu melihat orang telanjang, gk sah di salahkan karna itu dah yang pling benar menurut penulis..
pembaca tinggal memakaikan baju pada penulis..
mas latif da baiknya anda lebih terbuka dan mau menerima masukan. gk sah adu argumen atau pembenaran cukup curahkan pada tulisan yang baru