2 Jun 2012

Berhala dalam Agama Hindu dan Berhala dalam agama Islam

{37:95} قَالَ أَتَعْبُدُونَ مَا تَنْحِتُونَ
37:95 Ibrahim berkata: "Apakah kamu menyembah berhala-berhala yang kamu ukir itu?
{37:96} وَاللَّهُ خَلَقَكُمْ وَمَا تَعْمَلُونَ
37:96 Padahal Allah-lah yang menciptakan kamu dan apa yang kamu perbuat itu".
Ayat di atas menjelaskan bahwa berhala itu adalah benda-benda yang di buat dengan tangan manusia, seperti mija, kursi dan sebagainya .
{7:191} أَيُشْرِكُونَ مَا لَا يَخْلُقُ شَيْئًا وَهُمْ يُخْلَقُونَ
7:191 Apakah mereka mempersekutukan (Allah dengan) berhala-berhala yang tak dapat menciptakan sesuatu pun? Sedangkan berhala-berhala itu sendiri buatan orang.
{7:192} وَلَا يَسْتَطِيعُونَ لَهُمْ نَصْرًا وَلَا أَنْفُسَهُمْ يَنْصُرُونَ
7:192 Dan berhala-berhala itu tidak mampu memberi pertolongan kepada penyembah-penyembahnya dan kepada dirinya sendiri pun berhala-berhala itu tidak dapat memberi pertolongan.
{7:193} وَإِنْ تَدْعُوهُمْ إِلَى الْهُدَى لَا يَتَّبِعُوكُمْ سَوَاءٌ عَلَيْكُمْ أَدَعَوْتُمُوهُمْ أَمْ أَنْتُمْ صَامِتُونَ
7:193 Dan jika kamu (hai orang-orang musyrik) menyerunya (berhala) untuk memberi petunjuk kepadamu, tidaklah berhala-berhala itu dapat memperkenankan seruanmu; sama saja (hasilnya) buat kamu menyeru mereka atau pun kamu berdiam diri.
{7:194} إِنَّ الَّذِينَ تَدْعُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ عِبَادٌ أَمْثَالُكُمْ فَادْعُوهُمْ فَلْيَسْتَجِيبُوا لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ
7:194 Sesungguhnya berhala-berhala yang kamu seru selain Allah itu adalah makhluk (yang lemah) yang serupa juga dengan kamu. Maka serulah berhala-berhala itu lalu biarkanlah mereka memperkenankan permintaanmu, jika kamu memang orang-orang yang benar.
{7:195} أَلَهُمْ أَرْجُلٌ يَمْشُونَ بِهَا أَمْ لَهُمْ أَيْدٍ يَبْطِشُونَ بِهَا أَمْ لَهُمْ أَعْيُنٌ يُبْصِرُونَ بِهَا أَمْ لَهُمْ آذَانٌ يَسْمَعُونَ بِهَا قُلِ ادْعُوا شُرَكَاءَكُمْ ثُمَّ كِيدُونِ فَلَا تُنْظِرُونِ
7:195 Apakah berhala-berhala mempunyai kaki yang dengan itu ia dapat berjalan, atau mempunyai tangan yang dengan itu ia dapat memegang dengan keras, atau mempunyai mata yang dengan itu ia dapat melihat, atau mempunyai telinga yang dengan itu ia dapat mendengar? Katakanlah: "Panggillah berhala-berhalamu yang kamu jadikan sekutu Allah, kemudian lakukanlah tipu daya (untuk mencelakakan) ku, tanpa memberi tangguh (kepada ku).
Berhala yang di sifatkan oleh Quran itu tentunya memang ada manusia yang menyembah berhala yang seperti itu sejak dulu sampai kiamat nanti .Saya sungguh keliru sekali , berhala seperti apa yang tidak mempunyai kaki, tangan, mata dan telinga yang di maksudkan oleh Quran itu ?
Tetapi saya tidak tahu, orang beragama apa yang menyembah sujud kepada behala yang seperti itu ???
Kalau apa yang di sifatkan oleh Quran itu bukan berhala, tapa benda apa ???
*******
Asas Agama Hindu dan Asas Agama Islam

Warna Kuning tua agama Hindu
 warna Putih suci agama Islam
Berhala dalam Agama Hindu dan Berhala dalam agama Islam
Berhala dalam agama Hindu 
Hindu sering dianggap agama berhala karena menyembah patung besar dan batu-batu besar , jika di tilik kedalam ajaran Weda , sebenarnya Hindu juga mengenal istilah berhala dalam bahasa lain berdasarkan Tri Guna maka umat Hindu (manusia) di bagi atas 3:
1.Satvam: manusia yang memuja-muja Dewa Dewi atau Tuhan versi imajenasi sendiri 
2.Rajas : manusia yang memuja manusia seperti Raja atau pun orang-orang yang berkedudukan 
3.Tamas : manusia yang memuja benda-benda mati , hantu-hantu , makhlok-makhlok gaib

Sebenarnya  dalam mencapai Moksha , Hindu mengajarkan untuk mengenal Sang Atman yang bersemayam di dalam setiap maklok untuk dapat mengenal Brahman seutuhnya karena sang Atman merupakan percikan Brahman dengan cara melepaskan sifat-sifat Tri Guna melalui Catur Marga semua marga semata-mata untuk yang  maha Esa yang versi kecilnya Sang Atman. kondisi Maksha hanya dapat di capai oleh diri sendiri bukan melalui bantuan atau anugerah dari sosok luar.

Untuk benda mati yang di puja di Hindu misalnya sebuah bentuk Pura adalah sama halnya seperti menghormati Bendira Merah Putih (bendiri indonesia), jadi yang di puja di hormati bukan benda mati itu tetapi itu merupakan sarana manusia untuk lebih dekat dengan Sang Pencipat .

Saya belum bisa membenarkan atau menyalahkan ritual2 yang ada di Bali karena keterbatasan pengetahuan saya 
juga cmiiw

Kutip di http://www.forumsains.com/agama-dan-filosofi/agama-hindu/msg111047/#msg111047
*
Berhala dalam agama Islam :

Dalam Islam, Berhala adalah obyek berbentuk makhluk hidup atau benda yang didewakan, disembah, dipuja dan dibuat oleh tangan manusia. Sesuai dengan salah satu surah di dalam Al-Qur'an yang berbunyi:
"Apakah mereka mempersekutukan (Allah dengan) berhala-berhala yang tak dapat menciptakan sesuatupun? Sedangkan berhala-berhala itu sendiri buatan orang." (Al-A'raaf 7:138)
Menurut syariat Islam, pada saat menjelang waktu Yawm al-Qiyāmah, akan ada pertanda besar dari Hari Kebangkitan itu ditandai dengan adanya kaum yang akan kembali melakukan ajaran paganisme berdasarkan salah satu hadits shahih Imam Muslim.[1]
Ritual terpenting dari ajaran paganisme berkaitan dengan seks dan perang. Segala bentuk penyembahan berhala bertumpu pada pemuasan hawa nafsu dan kekuatan fisik duniawi untuk mencapai surga duniawi. Tidak ada aspektranscendental dalam semua ajaran paganisme. Sementara agama samawimenitik beratkan pencapaian tertinggi dalam kehidupan bersifat transcendental, dalam konsep kebahagiaan ruhaniyah yang abadi sesudah mati dialam akhirat.
***************
Dalam agama Hindu Larangan menyembah berhala
Bab 40 ayat 9 mengatakan yang bermaksudnya : “mareka menuju kegelapan sapa-sapa sembah asam buti “ (asam buti berarti benda-benda semula jadi , jadi orang hindu menuju kegelapan kalau mareka sembah matahari , sembah api , sebah binatang sembah pokuk sembah batu , dia menuju kegalapan , ayat ini sambung mengatakan : “sapa-sapa yang sembah asam buti lagi masuk kegelapan” (apa itu asam buti ? , yaitu benda-benda yang di buat dengan tangan manusia seperti mija seperti kursi seperti patung berhala , seperti 

Dalam agama Yahudi dan Kristian Larang mengnyembah berhala 

Keluaran:
20:4 Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.

20:5 Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku,

20:6 tetapi Aku menunjukkan kasih setia kepada beribu-ribu orang, yaitu mereka yang mengasihi Aku dan yang berpegang pada perintah-perintah-Ku.

20:7 Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan, sebab TUHAN akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya dengan sembarangan.


Imamat :

26:1. "Janganlah kamu membuat berhala bagimu, dan patung atau tugu berhala janganlah kamu dirikan bagimu; juga batu berukir janganlah kamu tempatkan di negerimu untuk sujud menyembah kepadanya, sebab Akulah TUHAN, Allahmu.

Dan bagitu juga agama Islam larang menyembah berhala 
37:95 " قَالَ أَتَعْبُدُونَ مَا تَنْحِتُونَ
37:95 (Ibrahim) berkata : “adakah patut kamu sembah benda yang kamu ukir ?
37:96 " وَاللَّهُ خَلَقَكُمْ وَمَا تَعْمَلُونَ 
37:96 pada hal allah menciptakan kamu dan bend-benda yang kamu buat ?

Dan Quran melarang menyembah sujud kepada benda seperti matahari dan bulan :
41:37 وَمِنْ آيَاتِهِ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ لَا تَسْجُدُوا لِلشَّمْسِ وَلَا لِلْقَمَرِ وَاسْجُدُوا لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَهُنَّ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ
41:37.Dan sebagian dari tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah malam, siang, matahari dan bulan. Janganlah bersujud kepada matahari dan janganlah (pula) kepada bulan, tetapi bersujudlah kepada Allah Yang menciptakannya, jika kamu hanya kepada-Nya saja menyembah.
****************

Balik ke perbezaan agama hindu dengan agama Islam
Aatau Kembali kehalaman Utama

0 ulasan: